Harga Minyak Dunia Kembali Turun 2% Kamis (5/10), Brent ke US$84,07 & WTI ke US$82,31



Harga minyak turun sekitar 2% pada hari Kamis (5/10), memperpanjang penurunan sesi sebelumnya sebesar hampir 6%.

Kekhawatiran mengenai permintaan bahan bakar lebih besar daripada keputusan OPEC+ untuk mempertahankan pemangkasan produksi minyak, sehingga menjaga suplai tetap ketat.

MelansirReuters, harga minyak mentah Brent menetap US$1,74 atau 2,03% lebih rendah pada US$84,07.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$1,91 atau 2,3% lebih rendah pada US$82,31.

Harga minyak mentah Brent dan WTI telah turun sekitar US$10 per barel dalam waktu kurang dari 10 hari setelah mendekati US$100 pada akhir September.

Persentase penurunan gabungan selama dua hari terakhir adalah yang paling tajam sejak bulan Mei untuk kedua patokan minyak mentah tersebut.

“Para investor khawatir bahwa puncak permintaan konsumsi bahan bakar telah berlalu,” kata Dennis Kissler, senior vice president of trading BOK Financial dilansir dari Reuters.

Sebelumnya, harga minyak ditutup turun lebih dari US$5 pada hari Rabu (4/10) - penurunan harian terbesar dalam lebih dari satu tahun, bahkan setelah pertemuan panel menteri OPEC+, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia.

Tidak ada perubahan pada kebijakan produksi minyak kelompok ini dan Arab Saudi mengatakan akan mempertahankan pemangkasan sukarela sebesar 1 juta barel per hari (bph) hingga akhir 2023.10.6

Sementara Rusia akan mempertahankan pemangkasan ekspor sukarela sebesar 300.000 bph hingga akhir Desember.

Volatilitas yang hampir mendekati penutupan pada Brent mencapai level tertinggi sejak Mei. Sedangkan, volatilitas pada WTI mencapai level tertinggi sejak Juni.

"Ini adalah aktivitas perdagangan spekulatif yang khas - mencoba memanfaatkan situasi yang buruk setelah pertumpahan darah pada hari Rabu dan mereka (para pelaku pasar) mencoba untuk mengambil posisi terendah," kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho.

“Posisi-posisi beli yang dibuat untuk mengantisipasi harga US$100 per barel sedang dilikuidasi,” kata Andy Lipow, presiden Lipow Oil Associates LLC.

Data pemerintah pada hari Rabu juga menunjukkan penurunan tajam dalam permintaan bensin AS. Pasokan bensin motor jadi, sebuah proksi untuk permintaan, turun minggu lalu ke level terendah sejak awal tahun ini.

"Saya tidak melihat permintaan bensin akan naik di atas 8,5 juta barel per hari hingga musim belanja liburan dimulai dan itu akan menjadi masalah bagi pasar," kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

Minyak pemanas berjangka AS turun lebih dari 5% di tengah ekspektasi bahwa larangan ekspor bahan bakar Rusia yang diberlakukan bulan lalu akan segera dicabut dan gangguan pasokan tidak akan separah yang diantisipasi pasar.

Data pada hari Rabu juga menunjukkan sektor jasa AS melambat. Di sisi lain ekonomi zona euro mungkin menyusut pada kuartal terakhir, menurut sebuah survei.

Dolar AS melemah, tetapi tetap berada di dekat level tertinggi 11 bulan, membuat minyak mentah menjadi lebih mahal bagi pembeli asing.

Pada hari Kamis, menteri energi Turki mengatakan bahwa sebuah pipa minyak mentah dari Irak melalui Turki, yang telah ditangguhkan selama sekitar enam bulan, telah siap untuk beroperasi.


Sumber: kontak.co.id

Komentar