Suara.com - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Ismiyati menilai peran media massa sangat besar dalam pengembangan UMKM. Menurutnya, UMKM bisa memberikan edukasi terkait produk-produk yang dijual oleh UMKM.
Perempuan yang akrab disapa Ismi ini mencontohkan usahanya, yaitu roti yang berbahan baku bekatul atau lapisan luar beras yang terlepas dari proses penggilingan. Selama ini, bekatul hanya diketahui sebagai limbah dan pakan ternak, padahal bisa menjadi bahan makanan yang menyehatkan.
Sehingga lewat media massa, bisa menjelaskan secara detil keunggulan bekatul sebagai bahan baku makanan seperti roti.
"Kami harus edukasi di mana kami membayar itu mahal, tetapi dari media luar biasa menyebar luaskan. Jadi memberi edukasi konsumen bahwa bekatul bukan hanya limbah, bekatul ini bukan hanya pakan ternak, bekatul ini sehat, itu yang alami, karena diviralkan media tadi kami bisa bertahan," ujar Ismi dalam pembukaan program Buka Pasar Lokal Suara UMKM secara virtual, Senin (15/8/2022).
Dia pun berharap, makin banyak UMKM-UMKM yang terbantu dengan kehadiran media massa. Mulai dari promosi hingga menyebarluaskan informasi dari produk yang dibuat.
Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono mengatakan, media massa memiliki keunggulan dalam memasarkan UMKM dibanding e-commerce. Media massa, jelas dia, lewat teks maupun video bisa mempresentasikan lebih baik manfaat dan keunggulan produk UMKM.
"Salah satu peran media massa adalah mengedukasi produk, itu harus menjelaskan, mendetailkan, kita hanya tau bekatul hanya makanan ternak. Ternyata ini sangat bermanfaat, sangat bergizi, ini bisa dijelaskan di media massa, ini bukan limbah, ini produk yang bermanfaat, dan ini penting menjelaskan ini lewat teks atau video," ucap Suwarjono.
Sumber: Suara.com
Komentar
Posting Komentar